Sintaro, Kopi Unggulan Rejang Lebong

Kopi Sintaro merupakan komoditi unggulan RL. Foto: Radar Pat Petulai
Kopi Sintaro merupakan komoditi unggulan RL. Foto: Radar Pat Petulai
KOPI Sintaro (Sindang Dataran Robusta) merupakan tanaman kopi khas daerah Rejang Lebong (RL) yang berasal dari Sindang Dataran. Kopi ini memiliki berbagai keunggulan, dibandingkan kopi robusta pada umumnya. Sehingga, Kopi Sintaro mendapat pengakuan di tingkat nasional, bahkan sudah masuk dalam daftar SK Menteri. Karena itu, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL akan mengembangan kopi unggulan khas RL ini, menjadi lebih luas lagi.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL, Akhmad Rifai SP melalui Kabid Perkebunan Suherman SP M.Si mengatakan bahwa, Kopi Sintaro ini  akan dikembangkan melalui kebun induk terlebih dahulu dan kebun ini akan dijadikan sebagai pusat pembibitan. "Nanti, pembibitan yang kita lakukan yakni dengan cara pengambilan bagian atas pohon induk, untuk kemudian disambungkan ke pohon bawah atau yang disebut dengan entris," kata Suherman.

 INILAH Kopi Sintaro asal Sindag Dataran yang sudah go Nasional
 INILAH Kopi Sintaro asal Sindag Dataran yang sudah go Nasional
Saat ini, Kopi Sintaro masih sangat sedikit tumbuh di RL. Di antaranya di Sindang Dataran seluas 5 Hektar, kemudian di Pal 8 sekitar 2 hekter yang dikelola Provinsi Bengkulu. "Semua lokasi di RL cocok ditanami Kopi Sintaro ini, jadi kita upayakan pengembangan ke lokasi yang berpotensi penghasil kopi," terang Suherman.

Keunggulan Kopi Sintaro yaitu, produktivitasnya lebih tinggi dibandingkan kopi robusta lainnya, buah lebih besar, mudah saat dipanen, pertumbuhan tanaman yang lebih kuat, buah berwarna merah khas, daun lebih tebal dan mengkilat serta memiliki cita rasa yang lebih mantap. "Bubuk Kopi Sintaro ini sudah banyak pemesannya, mulai dari Jawa, Bali dan daerah lainnya yang sudah mengenal Kopi Sintaro ini," pungkas Suherman.(ben)


Kelebihan Kopi Sintaro:


- Produktivitas per Hektar mencapai 2,5 ton
- Biji kopi lebih besar
- Warna coklat keemasan
- Bentuk oval
- Memiliki aroma yang khas
- Rasanya lebih nikmat dan gurih

Sumber: Harian Radar Pat Petulai

Pemesanan Kopi Sintaro contact email: kopicuru@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close