Pelapis Tebing Kantor Lurah Pasar Baru Rusak Berat, Kegiatan Masyarakat Terganggu

Pelapis Tebing Kantor Lurah Pasar Baru Rusak Berat, Kegiatan Masyarakat Terganggu

KOPICURUP.ID
- Pasca terjadi bencana alam banjir beberapa tahun lalu dan ditambah bencana susulan di awal tahun 2020, kemarin Kamis, 5 Mei 2022 terjadi lagi bencana susulan.

Akibatnya, pelapis tebing di halaman Kantor Lurah Pasar Baru, Kecamatan Curup roboh. Sehingga, sudah tak bisa lagi digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Dalam jangka panjang, bisa terjadi peningkatan resiko konflik horizontal, karena informasi-informasi kebijakan pemerintah daerah tidak tersampaikan dengan maksimal, sebab kurangnya kegiatan sosialisasi di kantor lurah tersebut.

Dikonfirmasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membenarkan terjadinya bencana longsor yang mengakibatkan pelapis tebing Kantor Lurah Pasar Baru ambruk.

"Berdasarkan hasil monitoring kami, pelapis tebing di pekarangan kantor lurah dan areal parkir ambruk," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Shalahuddin.

Sedangkan, di Kelurahan Pasar Baru terdapat beberapa organisasi masyarakat yang melaksanakan kegiatan di kantor lurah tersebut. Seperti, Karang Taruna, PKK, dan Posyandu. 

Tapi saat ini kegiatan tersebut terganggu, karena areal tempat organisasi tersebut biasa melaksanakan kegiatan rawan ambruk.

"Cak inilah kondisinyo sekarang pak, mano air sungai di belakang ini kalau hujan deras, debit airnyo jadi tinggi, tanah-tanah di bawah pelapis tebing terkikis," kata Yanto, warga setempat.

Yanto berharap pemerintah daerah atau pemerintah bisa memperbaiki pelapis tebing, agar terhindar dari musibah akibat terjadi bencana.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close