Indahnya Telong-Telong, Lampion Raksasa Khas Festival Tabut

kopicurup.id
Foto: Media Ceter Pemprov Bengkulu
Festival tabut merupakan agenda kebudayaan tahunan Provinsi Bengkulu yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Provinsi Bengkulu. Tidak hanya dari Provinsi Bengkulu, wisatawan yang datang untuk menyaksikan festival ini datang dari berbagai daerah di Indonesia. Uniknya, Festival Tabut ini harus dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Muharam sampai 10 Muharam Hijriah, tidak boleh diluar tanggal atau bulan tersebut (baca:sejarah Festival Tabut).

BACA JUGA: Foto-foto Pawai Tabut Tebuang

Terdapat berbagai rangkaian kegiatan selama 10 hari pelaksanaan Festival Tabut, salah satunya adalah Telong-telong. Telong-telong merupakan lampion dari kertas minyak yang dirangkai menyerupai berbagai macam bentuk seperti ikan, kuda, udang, singa, monyet dan lain sebagainya. Telong-telong  Festival Tabut 2019, diikuti sebanyak 24 peserta dari kelurahan maupun kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

kopicurup.id
Foto: Media Ceter Pemprov Bengkulu
Pada kesempatan ini salah satu dewan juri, Abdullah Ansori mengungkapkan kriteria penilaian telong-telong dibagi empat. Di antaranya termegah, inovatif, terindah, dan konvensional dengan memperhatikan unsur bercahaya, transparan dan tembus pandang pada kerangka badan telong-telong.

"Semua peserta tampil sangat bagus dan kreatif pada setiap telong-telong yang ditampilkan. Juri sedikit sulit memilih yang terbaik, walaupun sudah pantau setiap saat," ujarnya

Ia menambahkan, Penilaian pemenang dilakukan secara objektif dan profesional dari para ahli. Untuk para peserta yang berpartisipasi, semoga kedepan menampilkan bentuk telong-telong yang lebih kreatif dan unik.

"Selamat kepada para pemenang, dan bagi yang belum menang, tetap semangat semoga tahun depan kembali berpartisipasi dan meraih yang terbaik," jelasnya

kopicurup.id
Foto: Media Ceter Pemprov Bengkulu
Berikut daftar pemenang sesuai kategori pada lomba telong-telong Festival Tabut 2019, yaitu kategori Termegah disabet Kelurahan Kebun Geran, Kelurahan Tanah Patah, dan Kelurahan Lempuing. selanjutnya Kategori Inovatif, Kelurahan Sumur Meleleh, Kelurahan Lempuing, dan kelurahan Tanjung Agung.

Kemudian, kategori Terindah, jatuh pada Kelurahan Pasar Melintang, Kelurahan Tanjung Jaya, dan Kelurahan Pondok Besi. Dan terakhir kategori Kompensional diperoleh Kelurahan Sumur Meleleh dan Kebun Ross.(rls-mc-prov)


kopicurup.id
Foto: Media Ceter Pemprov Bengkulu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indahnya Telong-Telong, Lampion Raksasa Khas Festival Tabut"

Posting Komentar