Pawai Tabut Tebuang Ramai, Berikut Foto-fotonya

arakan tabut di bengkulu
Arak-arakan tabut dipadati masyarakat. Foto: Media Center Pemprov Bengkulu
KOPICURUP,ID - Festival Tabut 2019 meriah dan sukses digelar. Festival seni budaya berbalut sakral selama 1-10 Muharram di Bengkulu itu dinilai terus membaik. Sejak ditetapkan sebagai Top 100 Kalender Even Kementerian Pariwisata pada tahun sebelumnya dan kini masuk Top 30, Pemprov Bengkulu terus berbenah menyajikan festival agar lebih 'berkelas'. 

"Ada beberapa catatan yang harus kita benahi dan kita siapkan. Namun, Festival Tabut tahun ini membanggakan, antusiasme masyarakat juga meningkat, termasuk pergerakan ekonomi di dalamnya juga," ungkap Gubernur Rohidin usai mengikuti arak-arakan Tabut Tebuang, Selasa (10/09/2019).

BACA JUGA: Lampion Raksasa Khas Festival Tabut

Penataan panggung festival berikut expo pembangunan dan pelayanan serta UMKM termasuk pasar rakyat, menurut Rohidin sudah cukup baik dan ramai. Kendati demikian, kesadaran masyarakat agar turut menjadikan area festival menjadi lebih nyaman, masih perlu ditumbuhkan. 

"Misalnya soal sampah, kita memang perlu siapkan sarana, dan kesadaran masyarakat perlu kita edukasi bersama. Agar sadar wisata itu benar-benar membudaya, tak hanya saat festival," tuturnya. 

Gubernur Rohidin juga mengapresiasi keterlibatan lintas instansi serta seluruh lapisan masyarakat yang turut berpartisipasi memeriahkan seluruh rangkaian agenda festival. Dirinya mengatakan, rangkaian festival yang kondusif dari awal hingga akhir, tak lepas dari sigapnya kerja sama TNI, Polisi dan Satpol PP. 

Khusus pada agenda penutup yakni pawai arak-arakan Tabut Tebuang, dirinya memberikan catatan agar route pawai bisa lebih dikemas menarik. Sehingga, ritual sakral dalam rangkaian arak-arakan, bisa menjadi sajian wisata yang lebih menarik. 

"Kabel yang masih menggangu pada route pawai arak-arakan misalnya, itu perlu kita tata. Kemudian rangkaian pawai tabut mungkin bisa diklasifikasikan, sehingga masyarakat tahu ini tabut sakral, ini tabut pembangunan," imbuhnya. 

Dengan penataan Lapangan Merdeka Bengkulu yang saat ini tengah direhab, dirinya optimis sajian Festival Tabut 2020 bisa lebih meriah. "Insya Alloh, kita optimis 2020 lebih meriah lebih baik. Promosinya juga harus lebih luas," tutup Rohidin.(MC-Pemprovbkl)


Berikut foto-foto arakan tabut 10 Muharam 1441 H/ 10 September 2019



Pelepasan arakan tabut dilakukan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah
Pelepasan arakan tabut dilakukan oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah


Arak-arakan tabut
Masyarakat tampak memadati jalan menyaksikan arak-arakan tabut
Masyarakat tampak memadati jalan menyaksikan arak-arakan tabut

Masyarakat tampak memadati jalan menyaksikan arak-arakan tabut
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengikuti pawai Tabut Tebuang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close