Masjid Agung Sultan Abdullah Lebong


Oleh: Andriadi Achmad

KOPICURUP,ID - Masjid Agung Sultan Abdullah terletak di kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Sebagai salah satu Icon wisata religi di bumi Swarang Patang Stumang ini seringkali kita lihat dalam cuplikan video ketika azan magrib di TV swasta nasional Trans 7. Setidaknya bagi yang pernah membuka channel Trans 7 ketika azan magrib berkumandang pernah melihat masjid Agung Sultan Abdullah Kabupaten Lebong. Dimana saat ini, seringkali dijadikan objek wisata religi untuk sholat ataupun berswaphoto bagi para pengunjung dari berbagai wilayah baik lokal maupun nasional.

Keberadaan masjid termegah di provinsi Bengkulu ini, tepat di jantung kota Tubei (ibukota kabupaten Lebong) yang diapit antara kantor bupati dan DPRD Kabupaten Lebong. Oleh karena, posisi strategis Islamic centre sangat pas diletakkan secara terpadu disekitar masjid Sultan Abdullah. Lebih jauh, sebagai icon wisata religi kabupaten Lebong keberadaan masjid Agung Sultan Abdullah, sama seperti ketika berkunjung ke Malaysia belum sempurna jika belum mengunjungi Masjid Putrajaya, ke DKI Jakarta tidak lengkap jika belum mengunjungi masjid Istiqlal, ke Depok Jawa Barat belum lengkap bila tidak mengunjungi Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri. Begitu juga ke Lebong belum lengkap jika tidak mengunjungi masjid Agung Sultan Abdullah.

Saat ini kabupaten Lebong sudah merilis sebagai salah satu destinasi wisata potensial dan strategis di provinsi Bengkulu. Oleh karena itu, selain mengunjungi objek wisata alam, para wisatawan juga akan penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke Islamic Centre Masjid Agung Sultan Abdullah. Apakah hanya sekedar untuk berphoto ria ataupun menunaikan sholat berjamaah ketika berkunjung ke kabupaten Lebong.

Sebagai Islamic Centre kabupaten Lebong  tepat disamping masjid Agung Sultan Abdullah berdiri bangunan miniatur Ka'bah yang biasa digunakan oleh para calon jamaah haji dan umroh untuk melakukan manasik (latihan) sebelum keberangkatan ke tanah suci. Barangkali kedepan, pemerintah kabupaten Lebong bisa mewacanakan membangun perpustakaan untuk semakin menunjang dan melengkapi keberadaan masjid Sultan Abdullah sebagai icon Islamic centre kebanggaan Kabupaten Lebong.

Arsitektur Unik & Menarik


Landmark masjid Agung Sultan Abdullah memiliki arsitektur unik dan menarik, sehingga menjadi objek wisata religi bagi umat muslim baik dari dalam provinsi Bengkulu maupun dari luar provinsi Bengkulu. Salah satu masjid paling megah di Provinsi Bengkulu ini berdiri dengan bangunan seluas 1.000 m2 di atas tanah seluas 100.000 m2. Adapun nama Masjid Agung Sultan Abdullah ini memiliki nilai sejarah yaitu nama lain dari Ki Karang Nio. Beliau adalah seorang rajo dari Tanah Rejang masa dahulu.

Salah satu landmark yang dimiliki oleh Kabupaten Lebong, Masjid Agung Sultan Abdullah sangatlah menarik perhatian dan sering menjadi latar belakang foto menarik para pengunjungnya. Hal ini disebabkan Masjid Agung Sultan Abdullah memiliki arsitektur yang begitu megah. Dengan dikelilingi panorama bukit barisan dan hutan alami nan sejuk, menambah keindahan yang tersaji di kawasan masjid ini. Oleh karena itu, tak hanya masyarakat Lebong, wisatawan ataupun para pengunjung baik dari kota Bengkulu maupun dari kabupaten lain pun berdatangan agar bisa merasakan sholat di masjid yang megah ini dan mendengar gema suara adzan yang membuat hati terasa tenang.

Selain itu, arsitektur sangat spesial dari Masjid Agung Sultan Abdullah ini adalah dinding masjid maupun dinding menara utama yang tingginya 45 meter ditambah dengan 4 menara kecil yang terbuat dari bahan material granit khusus yang didatangkan secara langsung dari Tiongkok Cina. Menara tersebut juga diberi warna sama dengan warna kubah dan dinding masjid sehingga sangat sesuai dan serasi. Pada ujung menara dibuat kubah kecil sebagai penambah keindahan bangunan. Lalu, kubah kecil di ujung menara diberi warna hijau seperti warna menara dan dindingnya.

Begitu juga bahan kubah dibuat dari material beton Frikas yang usianya tahan hingga puluhan tahun. Dibagian bawah bangunan kubah juga ada ventilasi yang akan mengatur udara keluar masuk kedalam masjid. Sehingga udara dalam masjid tetap terasa sejuk. Ventilasi tersebut seperti angin-angin mengelilingi kubah bagian bawah. Begitu di dinding menara juga terdapat angin-angin mengelilingi menaranya.

Perpaduan warna bangunan masjid agung ini memiliki pemandangan sangat indah. Bagian menara atas masjid berwarna hijau, kuning, dan putih. Sementara warna hitam di berikan pada menara bagian bawah yang semakin menambah indah bangunan menara baik dari kejauhan ataupun jarak dekat. Ditambah lagi dengan bentuk eksterior bangunan begitu megah dengan menara menjulang tinggi dan kubah berbentuk bulat berukuran raksasa. Area masjid Agung Sultan Abdullah ini juga terasa sangat sejuk berkat pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Sehingga semakin membuat jemaah betah melaksanakan ibadah ataupun wisata religi di rumah Allah SWT tersebut.

Kedepan tentu, menjadi tugas dari pemerintah dan masyarakat kabupaten Lebong khususnya untuk menjaga dan memakmurkan masjid Agung Sultan Abdullah. Selain dalam rangka merealisasikan motto religius "iman dan taqwa" pemerintahan kabupaten Lebong, objek wisata religi masjid Agung Sultan Abdullah sebagai  menopang program Wonderfull dan Visit Bengkulu.


*Referensi : Disparpora dan Dis Infokom Kab. Lebong
 

Penulis adalah Putra Asli Daerah Kabupaten Lebong dan menetap di Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid Agung Sultan Abdullah Lebong"

Posting Komentar