Pesona Air Terjun Tri Sakti Rejang Lebong, Pukau Setiap Wisatawan yang Datang

Pesona Air Terjun Tri Sakti Rejang Lebong, Pukau Setiap Wisatawan yang Datang
Foto: Air Terjun Tri Sakti Belitar Seberang / instagram: desa wisata belitar seberang

KOPICURUP.ID
- Air Terjun Tri Sakti di Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menawarkan pesona yang luar bisa, sehingga memukau setiap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang terletak di Kecamatan Sindang Kelingi tersebut. 

Salah satunya adalah Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat mengunjung Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Selasa 2 Agustus 2022.

Sandiaga Uno terpukau melihat pesona Air Terjun Tri Sakti dan mampu berkata-kata lagi.

"Hanya dua kata, luar biasa!" puji Sadiaga Uno.

BACA: Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata di Rejang Lebong, Terpukau Keindahan Air Terjun Tri Sakti

Air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu dengan ketinggian mencapai 84 Meter ini, memiliki dua aliran air, pertama air dingin dan kedua air panas, serta panorama alamnya yang sejuk dan asri.

Objek wisata yang masuk dalam nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ini, mulai dikelola oleh desa mulai dari tahun 2021, setelah dihibahkan oleh warga tahun 2020.

Pasca dihibahkan oleh masyarakat, air terjun yang semula bernama Air Terjun Muara Karang kini menjadi Air Terjun Tri Sakti.

Diutarakan Kepala Desa Belitar Seberang, Kasiyadi, perubahan nama air terjun tersebut diperoleh dari konsep Tri Sakti Bung Karno, yakni berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Lahan yang dihibahkan oleh ke desa seluas 1,5 Hektar. Di lokasi ini terdapat tiga air terjun terdiri dari air dingin dan air panas. Juga ada kolam air panasnya," ujar Kasiyadi.

Kenanapa memilih Tri Sakti konsepnya Bung Karno? Karena mayoritas penduduk Desa Belitar Seberang, berasal dari Belitar Jawa Timur, tempat dimakamnya sang Proklamator. Sebab itulah ari terjun di Desa itu diberi nama Tri Sakti.

 Kasiyadi menjelaskan, Objek Wisata Air Terjun Tri Sakti dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), menggunakan penyertaan modal dari Dana Desa tahun 2021 sebesar Rp25 juta.

Dari dana itu, pengelola mulai membangun sarana dan prasarana seperti WC, anak tangga, gazebo dan sarana pendukung lainnya.

Untuk menuju ke lokasi objek wisata Air Terjun Tri Sakti ini, dari pusat kota Kabupaten Rejang Lebong menempuh jarak 40 KM.

Sementara, jarak dari pusat desa ke lokasi berkisar 2 KM. Tapi jangan khawatir, karena wisatawan yang hendak berkunjung akan dijemput dan diantarkan menuju lokasi oleh pengelola wisata.

"Karena jarak dari desa menuju lokasi 2 KM, dan medannya cukup menantang, maka kita sudah menyiapkan fasilitas antar jemput untuk para wisatawan," pungkasnya.

Apa saja paket wisata dan bagaimana cara menikmati fasilitasnya, silakan kunjungi kunjungi instagramnya @desa_wisata_belitar_seberang.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close