Dua Hari Hujan Deras, Tiga Infrastuktur di Rejang Lebong Rusak Akibat Bajir dan Longsor

Dua Hari Hujan Deras, Tiga Infrastuktur di Rejang Lebong Rusak Akibat Bajir dan Longsor
Jaringan Air Bersih di Desa Karang Baru

KOPICURUP.ID
- Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu selama dua hari berturut-turut diguyur hujan deras, sejak Kamis 14 Juli 2022 hingga Jumat 15 Juli 2022.

Akibatnya sebanyak tiga infrastruktur vital di desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong rusak, akibat diterjang banjir dan longsor.

Infrastuktur tersebut di antaranya adalah, jaringan air bersih untuk masyarakat di Desa Karang Baru Kecamatan Padang Ulang Tanding. Jaringan air bersih di Desa Karang Baru ini hanyut dibawa banjir bandang pada Jumat, 15 Juli 2022.

Berdasarkan informasi dari masyarakat Desa Karang Baru, Burhan (42), sebelum terjadi bencana, bangunan sarana air bersih tersebut dapat memenuhi kebutuhan Air Bersih untuk 2 Desa yaitu Desa Karang Baru dan Desa Merantau yang terdiri dari 480 KK dan 100 KK. 

Pasca kejadian bencana masyarakat bergotong-royong melakukan perbaikan namun hanya dapat memenuhi kebutuhan air untuk 228 KK.

Sehingga 352 KK tidak dapat mengakses kebutuhan air bersih, sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat. 

Selain itu, pengurus PAM desa Karang Baru kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pendapatan Desa.

Pasca kerusakan jaringan air bersih, tentu saja dalam jangka panjang akan berdampak pada peningkatan resiko penyakit diare, penyakit kulit dan lainnya. Karena tidak mendapatkan pasokan air bersih sebagai kebutuhan dasar masak dan MCK dan juga penurunan pendapatan desa. 

"Sekarang sebagian masyarakat terpaksa melakukan MCK ke sungai dekat desa," kata Burhan.

Di samping jaringan air bersih di Desa Karang Baru Kecamatan Padang Ulak Tanding, akibat hujan deras tersebut jalan penghubung antar desa di Desa Tasikmalaya, Kecamatan Curup Utara, ambrol.

Dua Hari Hujan Deras, Tiga Infrastuktur di Rejang Lebong Rusak Akibat Bajir dan Longsor
Saluran drainase Kelurahan Pasar Baru

Sebelumnya jalan tersebut sudah ambrol, tapi saat hujan deras pada Kamis 14 Juli 2022, terjadi bencana susulan, kerusakannya semakin parah, hampir sebagian badan jalan ambrol.

Selain penghubung di Desa Tasik Malaya, Curup Utara, akibat hujan deras 14 Juli 2022, drainase lingkungan di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Curup, rusak akibat bencana susulan.

Setiap hujan deras, drainase di Kelurahan Pasar Baru ini debit airnya cukup tinggi dan sering mengakibatkan tebing yang berada di sisi kiri dan kanan longsor. Sedangkan pada bagian atasnya hanya berjarak sekitar 4 Meter terdapat bangunan milik pemerintah daerah yaitu Gedung Serba Guna dan Kantor PORBI Rejang Lebong.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close