Ibu Harus Tahu, 4 Makanan Berikut Dilarang Dikonsumsi Balita, Nomor 2 Paling Sering Diberikan

Ibu Harus Tahu, 4 Makanan Beriku Dilarang Dikonsumsi Balita, Nomor 2 Paling Sering Diberikan

KOPICURUP.ID
- Seorang ibu harus tahu, makanan apa yang boleh dikonsumsi dan dilarang dikonsumsi oleh bayi di bawah lima tahun (Balita).

Memang, Balita sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan pendamping asi, banyak ibu yang tidak tahu kalau sebenarnyo makan tersebut dilarang konsumsi oleh buah hati yang masih Balita.

Ibu jangan sembarangan memberikan makanan pada anak, walaupu anak suka sekali memakannya. Ibu harus benar-benar memperhatikannya, jangan sampai makan tersebut dapat mengganggu perkembangan si Balita.

Ibu, sebagai orang tua harus memberikan makanan yang sehat dan bergizi, demi tumbuh kembang si buah hati.

Sebagai mana Ikobengkulu.com kutip dari akun Instagram @parentinganaku, bahwa ada empat jenis makanan atau jajanan yang wajib dihindari dan sangat dilarang untuk dikonsumsi balita. Di antaranya:

1. Sirup

Di dalam sirup terkandung pemanis, pengawet, dan pewarna yang akan mempengaruhi kesehatan bayi. Apabila balita dibiarkan meminum sirup akan mengakibatkan gejala dan penyakit yang mematikan.

Seperti, risiko terkena obesitas dan diabetes karena terdapat kandungan gula yang tinggi pada sirup tersebut. Sebenarnya, Ibu hamil dan menyusui dilarang mengkonsumsi sirup berpemanis buatan karena akan berisiko lahirnya bayi prematur.

2. Wafer

Wafer merupakan makanan atau jajanan yang bahkan sering diberikan orang tuanya untuk dikonsumsi oleh sang Balita. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat para orang tua beranggapan makanan tersebut boleh dikonsumsi anaknya.

Padahal, sama seperti sirup, wafer juga mengandung pemanis buatan yang dimana tidak bisa dinetralisir oleh balita sebab organ balita belum bisa menetralkan pemanis tersebut.

Sehingga makanan ini berdampka cukup berbahaya bagi kesehatan anak

3. Minuman Kemasan

Minuman kemasan sebetulnya dilarang untuk dikonsumsi oleh Balita. Faktanya, karena minuman kemasan mengandung pemanis buatan dan zat kimia lainnya yang bisa menyebabkan radang tenggorokan dan batuk.

Baca Juga: Polda Bengkulu Hentikan 293 Kasus Dengan Perdamaian, Terbanyak Kasus Pencurian dan KDRT

Selain itu, minuman kemasan juga bisa menyebabkan kegemukan dan penyakit diabetes pada anak.

4. Kacang Atom

Meskipun anak sudah memiliki gigi dan bisa memakannya, tetapi jangan diberikan begitu saja. Pasalnya, kacang atom mengandung pemanis buatan dan juga zat fenilalanin. Kedua bahan tersebut merupakan zat kimia yang berbahaya jika dikonsumsi oleh Balita.

Sebab bila dikonsumsi terus menerus, bahan-bahan tersebut akan berdampak pada kesehatan bahkan menimbulkan efek kematian pada sang anak.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close