9 Perkataan Gusdur yang Jadi Kenyataan, Nomor 10 Apakah Terbukti Pada Tahun 2024?

9 Perkataan Gusdur yang Jadi Kenyataan, Nomor 10 Apakah Terbukti Pada Tahun 2024?
KH Abdurrahman Wahid (Gusdur)

KOPICURUP.ID
- Presiden keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid, yang biasa dipanggil Gus Dur, dikenal sebagai sosok yang unik oleh banyak kalangan. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah bahwa beberapa perkataannya di masa lalu ternyata menjadi kenyataan. 

Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, berikut ini adalah 9 pernyataan Gus Dur yang terbukti menjadi kenyataan. Nomor 10 apakah akan terbukti pada tahun 2024? 

Mari kita simak ulasannya secara detail di bawah ini. 

1. Joko Widodo Menjadi Presiden 

Pada tahun 2006, Gus Dur pernah mengungkapkan prediksi bahwa Joko Widodo akan menjadi presiden Republik Indonesia di masa depan. Akhirnya, setelah 18 tahun, tepatnya pada tahun 2014, prediksi Gus Dur tersebut menjadi kenyataan saat Joko Widodo terpilih menjadi presiden yang dipilih langsung oleh rakyat Indonesia. 

Tidak hanya itu, Joko Widodo, yang sebelumnya menjabat sebagai Walikota Solo, berhasil memimpin sebagai presiden selama dua periode. Pada periode pertama, dia didampingi oleh Jusuf Kalla sebagai wakil presiden, dan pada periode kedua, dia didampingi oleh Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden. 

Pada tahun 2006, Gus Dur pernah mengatakan, "Siapa pun yang disukai oleh rakyat, termasuk Jokowi ini, jika dia menjadi seorang walikota yang baik, bisa menjadi presiden." 

2. Prediksi Sebelum Meninggal 

Gus Dur juga pernah membuat prediksi tentang kepulangannya sendiri. Dia mengatakan bahwa dia akan diantarkan oleh banyak orang ke kampung halamannya di Tebuireng tepat tiga hari sebelum meninggal. 

Dalam percakapan dengan Pak Hardi, Gus Dur berkata, "Saya mempercayakan bangsa ini kepadamu. Besok Kamis, saya akan kembali ke Tebuireng diiringi oleh banyak orang. Ayah saya sudah menantikan kehadiran saya," ucap Gus Dur. 

3. Pak Soeharto Lengser 

Gus Dur juga pernah menyatakan bahwa Soeharto akan turun dari jabatannya sebagai presiden pada tahun 1997. Pada saat itu, Soeharto masih memiliki kekuasaan yang kuat. 

Dalam pernyataannya, Gus Dur mengatakan, "Tidak lama lagi, Pak Harto akan jatuh," ungkap Gus Dur. 

4. Sutarman Menjadi Kapolri 

Gus Dur juga membuat prediksi pada tahun 2005 bahwa Sutarman akan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Prediksi tersebut akhirnya terbukti benar pada tahun 2013. 

Gus Dur pernah mengatakan, "Sutarman adalah seseorang yang sederhana dari desa, bukan berasal dari keluarga kaya. Namun, suatu saat nanti dia akan menjadi Kapolri," ujar Gus Dur. 

5. Gus Dur Prediksi Dirinya Menjadi Presiden 

Gus Dur pernah memprediksi dirinya sendiri akan menjadi Presiden Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Luhut menceritakan Gus Dur sempat mengatakan bahwa dirinya tidak perlu menjadi duta besar karena Gus Dur akan segera menjadi presiden. 

6. Lengsernya dari Presiden BJ Habibie 

Lengsernya Presiden BJ Habibie juga sempat diprediksi oleh Gus Dur. Ia pernah ditanya dalam sebuah acara televise, siapa yang patut bertanggung jawab atas lengsernya presiden. Gus Dur menjawab bahwa akan terbukti oleh bangsa ini sendiri. Amien Rais dan Megawati disebutnya sebagai dalang.

7.  Ahok Jadi Gubernur

Gus Dur juga pernah mengatakan bahwa Basuki Tjahaja Purnama, yang akrab dipanggil Ahok, akan menjadi seorang gubernur. Prediksi tersebut terbukti benar setelah Joko Widodo naik menjadi presiden, di mana Ahok kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Ternyata Gus Dur sempat memprediksi Basuki Tjahja Purnama alias Ahok akan terpilih menjadi gubernur. Ucapan ini dilontarkannya saat Pilkada di Bangka Belitung.

Berdasarkan keterangan Ahok, kala itu Gus Dur bercanda bahwa Ahok tak hanya bisa menjadi gubernur tapi juga menjadi presiden. Akhirnya pada 2014, Ahok terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta.

8. KH Said Aqil Jadi Ketua Umum PBNU

Gus Dur juga pernah meminta Kyai Said Aqil untuk menyiapkan roti dan air sebagai sarapan. Setelah itu, ia meminta Kyai Said untuk membacakannya buku yang berjudul 'Ihya Uhlumudin'. Namun, begitu Kyai Said mulai membacakan paragraf kedua, Gus Dur tiba-tiba terlelap tidur. Namun, setelah 5 menit, ia tiba-tiba terbangun dan mengatakan bahwa Kyai Said Aqil akan terpilih sebagai Ketua Umum PBNU.

9. Brasil Menang 2-1

Gus Dur terkenal karena kegemarannya pada permainan sepak bola. Pada masa mudanya, dia bahkan menulis analisis tentang pertandingan sepak bola yang dipublikasikan dalam berbagai majalah. Menariknya, Gus Dur juga membuat prediksi tentang skor pertandingan Piala Dunia 1998 antara Brasil dan Skotlandia, dengan hasil akhir 2-1 untuk kemenangan Brasil. Sekali lagi, prediksi Gus Dur terbukti sangat akurat.

10. Prabowo Jadi Presiden

Menjelang Pilpres 2024, banyak masyarakat yang mengaitkan ramalan dari mantan Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal sebagai Gus Dur, dengan nasib Prabowo. Gus Dur pernah menyebutkan bahwa Prabowo akan menjadi presiden di usia tua.

Ramalan ini kembali disampaikan oleh cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari, yaitu KH Irfan Yusuf Hakim atau yang akrab disapa Gus Irfan, saat bertemu dengan Prabowo di Pondok Pesantren Tebuireng.

"Saya mengutip ucapan Gus Dur, beliau pernah mengatakan bahwa Pak Prabowo akan menjadi presiden di usia tua," ungkap Gus Irfan pada Rabu, 4 Mei 2022.

BACA JUGA: Kisah Nyata, Abah Guru Sekumpul Masih Aktif Berdakwah di Papua Meski Sudah Meninggal

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Said Aqil Siradj, mantan Ketua Umum PBNU yang merupakan salah satu orang dekat Gus Dur. Menurut Said Aqil, Gus Dur pernah memberikan prediksi atau ramalan mengenai Prabowo.

"Gus Dur pernah mengatakan kepada Prabowo bahwa Anda masih muda. Bersabarlah, nanti setelah memasuki masa tua, Anda akan menjadi pemimpin (presiden). Itulah yang dikatakan oleh Gus Dur," kata Said Aqil, menirukan ucapan Gus Dur saat Prabowo melakukan silaturahmi di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon, pada Jumat, 27 Juni.

Said Aqil juga mengakui bahwa Prabowo memiliki kedekatan dengan Gus Dur. Mereka berdua dikatakan telah berdialog sejak Gus Dur belum menjadi Presiden.

Apakah ucapan Gusdur kalau Prabowo bakal jadi presiden di usia tua, jadi kenyataan? Waulahualam.***

Baca juga artikel lainnya di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close