Jokowi Bakal Hadiri Haul Ibu Agung Fatmawati Soekarno di Bengkulu

Rapat dalam rangka mempersiapkan acara Haul Ibu Agung Fatmawati
KOPICURUP,ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Haul) Ibu Agung Fatmawati Soekarno pada 5 Februari mendatang, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta istri akan datang ke Bengkulu.

Selain itu, Megawati Soekarno Putri serta anaknya Puan Maharani juga direncanakan hadir dalam acara tersebut.

Dalam keterangannya dihadapan awak media, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan, ada beberapa agenda besar yang harus dipersiapkan bersama keluarga besar Fatmawati Soekarno dalam rangka kegiatan Haul Ibu Agung Fatmawati Soekarno pada tanggal 5 Februari 2020 nanti. 

Pertama, sampai Gubernur Rohidin, peresmian Monumen Ibu Agung Fatmawati Soekarno Penjahit Bendera Pusaka Merah Putih yang akan dipusatkan di lokasi monumen di Simpang Lima Kota Bengkulu, serta Penjahitan Simbolis Bendera Merah Putih, yang rencannya akan dilakukan oleh Ibu Negara Iriana, berlokasi di rumah Ibu Fatmawati Soekarno, di Kelurahan Penurunan Kota Bengkulu.

"Rencananya akan didatangi langsung bapak Presiden Joko widodo, Insya Allah beserta Ibu Negara Iriana serta ibu Megawati Soekarno dan Puan Maharani," sampai Gubernur Rohidin, usai memimpin Rapat lanjutan membahas kesiapan kegiatan tersebut bersama yayasan dan keluarga besar Fatmawati Soekarno, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (16/01/2020).

Selain itu, jelas Gubernur Rohidin, akan dilakukan juga Ground Breaking (Peletakan Batu pertama) Pembangunan Jalan Tol Bengkulu - Lubuk Linggau, berlokasi di Desa Tabalagan, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Selanjutnya, Peresmian PLTU berkekuatan 2X100 MW di Pulau Baii Bengkulu.

Kemudian, Peresmian transpormasi IAIN Bengkulu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Bengkulu, di Kampus IAIN Bengkulu.

"Ini menjadi sesuatu yang sangat monumental, kita bangun monumennya dan kita juga bangun Universitas dengan nama beliau (Fatmawati Soekarno)," sampai Gubernur Rohidin. 

Terakhir, ungkap Gubernur, juga akan dikemas dengan Rapat Kerja Nasional Program Pendidikan dan Kader dari Majelis Perserikatan Muhammadyah.

"Ini ada lima agenda dan tadi kita sinkronkan antara kepanitiaan yang dibentuk dari pusat melalui yayasan dengan kepanitiaan dari Pemprov Bengkulu," kata Gubernur Rohidin.

Guna memastikan kesiapan setiap agenda dilapangan, sebut Gubernur Rohidin, telah dibagi tugas perkoordinator melalui susunan kepanitiaan. 

"Ini akan menjadi bahan saya untuk menyampaikan Roundown kepada protokol istana agar nanti betul-betul singkron, yang dilaksanakan pada tanggal 5 Februari nanti," tutup Gubernur Rohidin.

Ketua yayasan Fatmawati Soekarno, Hj.Hildawati Hasan Din mengatakan, pihaknya sebagai keluarga besar Fatmawati Soekarno sangat mendukung dan bersyukur dengan adanya kegiatan ini, karena hal itu dapat mengenang sejarah Pahlawan Nasional dari Bengkulu yang menjahit Sang Saka Merah Putih. 

"Kami sangat bergembira sekali karena Ibu Fatmawati sebagai Pahlawan Nasional memiliki monumen di Bengkulu ini, agar anakcucu kita nanti tidak melupakan sejarahnya, siapa yang membuat Bendera Pusaka Merah Putih itu," sebut Hildawati, yang merupakan adik kandung dari Ibu Agung Fatmawati Soekarno. (Saipul-MC)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close