Pelantikan Kepala Daerah Diagendakan Akhir Februari

kopicurup.id
Plh gubernur saat melaksanakan rapat virtual dengan Dirjen Otda

KOPICURUP,ID
- Pelantikan bupati/wali kota terpilih se Indonesia, diagendakan pada akhir Februari 2021 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik dalam zoom meeting di ruang VIP pola Setda Provinsi Bengkulu, Senin (15/2).  

Akmal mengatakan, pelantikan kepala daerah terpilih akan dilakukan dalam beberapa tahap. Sebab, beberapa daerah masih ada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK). Rencananya, tahap awal pelantikan paling cepat 25 atau 26 Februari nanti.  

Hanya saja, pelantikan bupati/wali kota terpilih pada Pilkada serentak 2020 lalu, akan dilaksanakan secara virtual demi meminimalisir penyebaran COVID-19.   

"Pelantikan bupati/wali kota diintruksikan terlaksana secara jarak jauh atau virtual, dan mekanismenya secara detail terkait pelaksanaan sedang disusun. Yang jelas, nanti semua tata caranya harus sesuai dengan protokol kesehatan," terang Akmal. 

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Gubernur Bengkulu Hamka Sabri menyampaikan Pemprov akan mengikuti intruksi Kemendagri, terkait pelaksanaan pelantikan kepala daerah.  

 "Pemprov setuju dengan Kemendagri, tinggal nanti menunggu bagaimana mekanisme pelaksanaannya," ucap Hamka. 

Hamka menerangkan, ada 8 kabupaten di Provinsi Bengkulu yang melaksanakan Pilkada serentak pada 2020. Dari 8 kabupaten itu, 1 kabupaten belum melampirkan surat keterangan resmi pencabutan gugatan di MK dan 1 kabupaten masih dalam tahap gugatan PHP, tinggal menunggu putusan sela. Sedangkan, 6 kabupaten lainnya sudah disampaikan ke Kemendagri baik pengangkatan maupun pemberhentian kepala daerahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close