Saluran Irigasi Air Sengak Rejang Lebong Ambrol, Akibat Bencana Susulan

Saluran Irigasi Air Sengak Rejang Lebong Ambrol, Akibat Bencana Susulan

KOPICURUP.ID
- Saluran irigasi Air Sengak, di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Curup, Rejang Lebong ambrol, setelah debit air tinggi saat hujan deras mengguyur Kabupaten Rejang Lebong, pada Minggu, 5 Juni 2022.

Saluran irigasi Air Sengak, Kelurahan Pasar Baru tersebut sebelumnya sudah rusak akibat bencana pada tahun 2021, namun kondisinya saat ini semakin parah, karena memang saluran irigasi tersebut tempat pembungan air dari beberapa kelurahan.

Di antaranya, Kelurahan Talang Rimbo Lama, Kelurahan Talang Rimbo Baru, Kelurahan Air Bang, Curup Tengah. Sehingga, setiap terjadi hujan deras, saluran irigasi tersebut tak mampu menampung derasnya debit air yang mengakibatkan dinding drainase ambrol.

Bukan hanya itu, setiap hujan deras, air pada saluran irigasi tersebut meluap hingga ke badan jalan dan menyebabkan terjadinya banjir.

Karena itu warga setempat berharap agar saluran irigasi tersebut dapat segera diperbaiki dan diperlebar. Supaya mampu menampung debit air pada saat hujan deras.

"Lama-lama nanti kerusakannya tambah besar dan memakan badan jalan. Bisa tambah besar biayanya," ujar Edi (60) warga Kelurahan Pasar Baru.

Saat ini saja, tanah ambrol sudah hampir menyentuh badan jalan. Ketika hujan, air terus menerus mengkis tanah yang berada di pinggir jalan. Lama-lama jalannya bisa ikut ambelas.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah atau pemerintah pusat, agar bisa segera memperbaiki saluran irigasi ini. Kalau bisa dibangun baru yang lebih besar, karena debit airnya saat hujan cukup tinggi," harap warga.(*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close