Gelaran 'Layar PENDAP Open Screen' Sukses Digelar di Bengkulu

Para sineas, komunitas, serta pemuda antusias menyaksikan film lokal Bengkulu di acara PENDAP Open Screen
Para sineas, komunitas, serta pemuda antusias menyaksikan film lokal Bengkulu di acara PENDAP Open Screen. Foto: Memet

KOPICURUP.ID
- Hari Film Nasional di Bengkulu sukses digelar. Mulai dari komunitas, sineas muda dan anak muda Bengkulu sangat antusias menghadiri untuk menyaksikan film lokal yang berhasil mendaftarkan film mereka kepada panitia Fattah Creative, pada Senin, 3 April 2023. 

Panitia membebaskan genre, durasi dan tema film dari para peserta, karena PENDAP (Pemutaran dan Apresiasi Perfilman) tahun ini mengusung tema Open Screen atau layar terbuka untuk semua film lokal dari komunitas manapun. 

Selain pemutaran film, juga terdapat penampilan musik dari IDM Band yang vokalisnya merupakan seorang perempuan   yang berprofesi sebagai pengacara, bernama Martha.  

Martha bersama band-nya menyanyikan lagu andalan mereka yaitu 'Bengkulu Kito'. 

Sejalan dengan tujuan merayakan Hari Film Nasional di Bengkulu. Pada penyelenggaraan acara terdapat hal menarik dalam ‘Layar PENDAP Open Screen 2023’, panitia juga membuat gerakan ‘Berkain Basurek’ bagi pengunjung yang hadir sebagai wujud melestarikan kain dengan motif kesenian dan budaya asli Bengkulu. 

Berlokasi di Eternal Social Space Jalan Kenanga 4 Bengkulu, sesi diskusi yang ditunggu pada akhir pemutaran menjadi forum diskusi yang santai namun berfokus pada pembahasan perfilman Bengkulu untuk kedepannya. 

Para pengunjung yang hadir di Acara PENDAP kompak menggunakan Kain Besurek
Para pengunjung yang hadir di Acara PENDAP kompak menggunakan Kain Besurek. Foto: Memet

Para peserta diskusi merupakan perwakilan dari beberapa komunitas di antaranya, Lunar Indonesia, Locost Film, Layar Pojok, Digital Production, mahasiswa Universitas Bengkulu, mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno saling berbagai ilmu satu sama lain, dan memberi edukasi kepada penonton tentang dunia perfilman di daerah. 

Fattah Creative mengajak anak muda untuk terus berkarya mengangkat Bengkulu melalui film dan karya seni lainnya sesuai dengan bidangnya masing - masing. 

“Seneng banget acaranya bisa berjalan lancar dengan persiapan yang cukup dekat, tapi berkat dukungan dari berbagai pihak acaranya bisa berjalan dengan baik, terutama untuk Bapak Gangsar Sambodo kakak kandung artis Ashanty yang memberi support penuh, mendukung anak-anak muda di Bengkulu untuk berkreatifitas, mudah-mudahan ini bisa menjadi pemacu untuk komunitas lainnya saling berkolaborasi mengangkat potensi dari Bengkulu," ucap Elen, founder dari Fattah Creative. 

Diakhiri dengan sesi foto bersama menggunakan kain basurek, semua panitia dan pengunjung terlihat bahagia dalam gelaran ‘Layar PENDAP Open Space’ di Eternal Social Space, Jalan Kenanga 4, Bengkulu.*** 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close