Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT

Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT
Foto: pexels.com

Ingatlah bahwa mengetahui usia kehamilan adalah langkah awal yang penting untuk merencanakan perawatan yang sesuai dan memahami perkembangan janin.

KOPIURUP.ID - Cara menentukan usia kehamilan ketika Anda tidak ingat tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) adalah suatu hal yang perlu dicari tahu. 

Ini karena bagi seorang calon ibu, mengetahui berapa lama calon buah hati telah ada dalam kandungan sangat penting.

Mengetahui usia kehamilan dapat memberikan banyak informasi yang bermanfaat untuk persiapan menyambut kelahiran calon buah hati, termasuk menentukan Hari Perkiraan Lahir (HPL).

BACA JUGA: Musim Pancaroba, Waspadai Penyakit Umum Berikut pada Anak, Serta Cara Mengatasinya

Selain itu, mengetahui usia kehamilan juga membantu calon ibu untuk memahami cara merawat janin sesuai dengan perkembangannya.

Jika Anda lupa tanggal HPHT, berikut adalah beberapa cara untuk menentukan usia kehamilan:

1. Pemeriksaan USG (Ultrasonografi)

USG adalah salah satu metode paling akurat untuk menentukan usia janin jika Anda tidak ingat tanggal HPHT Anda. Ada dua jenis USG yang umum digunakan:

  • USG Transvaginal: Dalam metode ini, alat USG dimasukkan ke dalam vagina untuk mengukur panjang janin dari ujung kepala hingga ujung bokongnya.
  • USG Abdomen: Dalam metode ini, alat USG ditempatkan di permukaan perut untuk melihat perkembangan janin. Beberapa parameter seperti CRL (Crown-rump length), BPD (Biparietal diameter), HC (Head circumference), FR (Femur length), dan AC (Abdominal circumference) dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan usia kehamilan.

 BACA JUGA: Merk Susu Anak Terbaik untuk Pertumbuhan dan Kecerdasan

2. Mengukur Tinggi Fundus

Cara lain untuk menentukan usia kehamilan adalah dengan mengukur tinggi fundus. Tinggi fundus adalah jarak dari puncak tulang kemaluan hingga bagian puncak perut ibu hamil. 

Biasanya, tinggi fundus dalam sentimeter sekitar sama dengan usia kehamilan dalam minggu. Misalnya, jika tinggi fundus adalah 40 cm, usia kehamilan Anda diperkirakan 40 minggu.

Dari dua metode ini, USG dianggap lebih akurat karena memberikan gambaran langsung tentang perkembangan fisik janin. Oleh karena itu, jika Anda memiliki keraguan tentang tanggal HPHT Anda, sebaiknya melakukan pemeriksaan USG, terutama pada trimester pertama.

BACA JUGA: Manfaat Menggunakan Skincare Bebwhite C  

Hanya saja, ketika lupa HPHT, tentu Anda tidak tahu persis kapan memasuki trimester pertama. Tetapi, Anda bisa mengecek perubahan kondisi fisik saat trimester pertama. Yakni:

  • Payudara membesar.
  • Mual dan muntah.
  • Semakin sering buang air kecil.
  • Kelelahan.
  • Mengidam.
  • Perut mulas, terasa panas.

Ingatlah bahwa mengetahui usia kehamilan adalah langkah awal yang penting untuk merencanakan perawatan yang sesuai dan memahami perkembangan janin. 

Jika Anda positif hamil dan tidak ingat HPHT, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan usia kehamilan Anda dan menerima perawatan yang sesuai selama kehamilan Anda.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close