Terungkap, Ini Rahasia Menyeduh Kopi Agar Semakin Nikmat Hanya Dengan Peralatan Sederhana

Ilustrasi 
 
KOPICURUP.ID - Akhir-akhir ini, kopi menjadi viral dan menjadi salah satu trend sebagai gaya hidup. 
 
Kedai-kedai kopi mulai bermunculan, dengan fasilitas kedai sengaja diciptakan untuk mereka yang hanya sekedar suka nongkrong dan berdiskusi.

Minum kopi sudah menjadi tradisi, di saat bertamu, berkumpul atau dalam kegiatan apapun tidak lepas dari kopi. 
 
Namun, tradisi minum kopi ini jarang memperhatikan bagaimana cara-cara menyeduh kopi, agar terasa nikmat di lidah dan nikmat di kerongkongan.
 
 
Padahal, tujuan kita minum kopi bukan hanya sekedar menyeruput, tetapi ingin merasakan nikmatnya kopi panas yang disajikan.

Sebenarnya, ada banyak rahasia teknik menyeduh kopi agar rasanya semakin nikmat dan khas. 
 
Beberapa kedai kopi terkenal, sudah mulai memperhatikan teknik menyeduh kopi, agar pengunjungnya benar-benar merasakan nikmatnya minum kopi. 
 
Ya, namanya kedai kopi, bukan hanya sekedar menjual minuman kopi, tetapi mestinya sudah mulai memikirkan bagaimana cara agar kopi yang dijual bisa terasa nikmat dan khas.

Saya akan memberikan sedikit bocoran bagaimana cara menyeduh kopi, agar terasa semakin nikmat, sehingga tidak sia-sia konsumen anda membayar mahal minuman kopi buatan anda. 
 
Ini juga bisa dipraktikkan ketika anda sedang berkumpul dengan kerabat atau pun teman-teman anda.

Biji Kopi pilihan


Pertama-tama sekai, yang harus anda ketahui adalah, kopi yang akan anda seduh harus benar-benar dari biji kopi pilihan, bukan biji kopi asalan. 
 
Karena biji kopi sangat mempengaruhi cita rasa minuman kopi yang akan diseduh. Salah satu biji kopi terbaik di Indonesia adalah Kopi Curup. 
 
Beberapa orang yang mencobanya dapat merasakan ciri khas dan kenikmatan Kopi Curup ini.  
 

Air Mendidih


Setelah yakin bubuk kopi yang akan kita seduh benar-benar dari biji kopi pilihan. Sekarang anda siapkan air secukupnya (sesuaikan berapa gelas yang akan diseduh). 
 
Kemudian, masak airnya hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan kopi bubuk secukupnya (Satu sendok teh untuk ukuran 1 cangkir atau satu sendok makan untuk ukuran 1 gelas). 
 
Kemudian, diaduk antara 1,5 – 2 menit, sembari memasukkan gula secukupnya. Kemudian, matikan kompornya. Diamkan sesaat.

Air yang digunakan harus benar-benar murni. Tidak berbau, berasa atau berwarna. Atau gunakan saja air mineral. Karena, kualitas air juga sangat mempengaruhi cita rasa kopi.

Tuangkan dengan Sendok Besar


Pada saat akan memindahkan kopi ke dalam gelas, gunakan sendok besar. Cedok air kopi dari dalam panci, kemudian tuangkan perlahan ke dalam gelas. 
 
Tujuannya, agar gelas masih tampak bersih tidak tampak bubuk yang menempel di bibir gelas.

Selain menggunakan sendok besar bisa juga dengan cara disaring menggunakan kain tipis. 
 
Namun menurut saya, minum kopi itu terasa nikmat ketika masih ada ampas di dalam gelas, meskipun hanya sedikit.

Minum Disaat Kopi Masih Panas


Terakhir, minum disaat kopi masih panas, jangan tunggu dingin. Kalau minum kopi tunggu dingin, kenapa waktu menyeduh tidak menggunakan air dingin saja, hehehe...
 
Demikianlah rahasia menyeduh kopi agar semakin nikmat. Semoga bisa menjadi referensi bagi penikmat kopi di Tanah Air. ***

Note: Untuk pemesanan Kopi Curup hubungi email: kopicurup@gmail.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close