Potensi Pariwisata Alam Kebun Teh Kebawetan

FOTO: www.klikwarta,com
Oleh : Andriadi Achmad

KOPICURUP,ID - Kepahiang terletak di daerah pegunungan atau bukit Barisan sekitar  250 m - 1.600 DPL. Berada di daerah pegunungan, menjadikan Kepahiang memiliki suasana alam yang asri berhawa dingin. Sehingga, wilayah Kepahiang cocok untuk berlibur bersama keluarga disaat weekend.

Kebun Teh Kabawetan adalah objek agrowisata perkebunan teh peninggalan Belanda. Sebagai objek agrowisata kabawetan memiliki luas 360.000 hektar. Di perkebunan teh kabawetan pengunjung dapat melihat para pemetik bekerja pada pagi hari, dapat melihat proses pembuatan teh, dan dapat meminum teh yang telah disediakan oleh pengelola. Kebun teh kabawetan juga mempunyai pabrik teh yang hasil produksinya sudah menembus pasar. 

Taman Agrowisata Kebun Teh Kabawetan ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, sekira 10 KM dari pusat kota Kepahiang. Namun, jika pengunjung datang dari kota Bengkulu, akan menempuh jarak sekitar 72 KM, yaitu 62 KM dari kota Bengkulu ke kota Kepahiang, lalu disambung 10 KM dari kota Kepahiang.

Kebun Teh Kebawetan merupakan salah satu destinasi yang cukup prestisius dan fenomenal. Dimana kebun teh kebawetan menjadi destinasi yang dikunjungi wisatawan baik dari provinsi maupun luar provinsi Bengkulu.

Secara umum kebun teh kebawetan lebih menarik dan luas bila kita bandingkan dengan kebun teh yang berada di puncak Bogor Jawa Barat. Walaupun puncak Bogor Jawa Barat menjadi kota baru dikarenakan menjadi objek wisata yang menghidupkan ekonomi kreatif seperti perdagangan UMKM, oleh-oleh makanan khas daerah dan kerajinan tangan, pusat kuliner, pusat penyewaan hotel, guide, dan lainnya.

Oleh karena itu, jika dikelola secara baik, maka kebun teh kebawetan bisa menjadi objek wisata potensial di kabupaten Kepahiang khususnya dan Provinsi Bengkulu umumnya. Dimana nantinya, kebun teh Kebawetan menjadi objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan dari daerah Sumsel, Jambi, Lampung, dan lainnya.

Ditambah, terintegrasinya jalan tol yang menghubungkan kota Bengkulu - kota Lubuk Linggau (Trans Sumatera), melintasi Kepahiang dan dekat wilayah kebun teh Kebawetan. Sehingga, semakin mudah dijangkau oleh para pengunjung. Dari kota Bengkulu dan Kota Lubuk Linggau sekitar setengah jam. 

Kebun Teh Kebawetan bisa menjadi destinasi alam sangat menarik kedepan yang mendukung program visit Bengkulu 2020 - 2025. Tentu keberadaan kebun teh Kebawetan bisa menjadi penyumbang pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) provinsi Bengkulu. 

Jakarta, 19 November 2019

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Pariwisata Alam Kebun Teh Kebawetan "

Posting Komentar