Gemar Lempar Duren di Pohon, Egi Atlet Asal Rejang Lebong Pecahkan Rekor Internasional

Gemar Lempar Duren di Pohon, Egi Atlet Asal Rejang Lebong Pecahkan Rekor Internasional
Egi saat berada di Podium menerima penghargaan Internasional. Foto: Ist

KOPICURUP,ID
- Mungkin belum banyak mengetahui sosok Egi Patli Pranata. Dia adalah sosok pemuda berprestasi yang tidak hanya berhasil mengharumkan nama daerah, tapi juga Indonesia. Pasalnya, Egi berhasil meraih medali emas di ajang Asean School, Semarang pada Juli 2019 lalu sebagai atlet Lempar Lembing. Bagaimana kisah Egi atlet berprestasi asal Rejang Lebong ini, simak kisahnya. 

Siapa mengira, bermula dari kegemarannya melempar buah durian dan kelapa di tanah kelahirannya Desa Suka Datang, Rejang Lebong Bengkulu, buah hati pasangan April Dan Eva Susanti bisa menjadi anak berprestasi sebagai atlet Lempar Lembing. Saking kerasnya lemparan Egi, buahnya pasti jatuh dari pohon, meskipun lemparan Egi hanya mengenai pohonnya saja. 

Lika-liku perjalanan Egi pun cukup menggelitik. Bagaimana tidak, mahasiswa Penjaskes Universitas Bengkulu ini dulunya ternyata dikenal bandel. Bahkan, masa SMP Egi pernah mendapat ancaman tidak bisa naik kelas, kecuali kalau Egi bersedia pindah sekolah. 

"Karena itu, akhirnya ortu memutuskan agar saya pindah sekolah ke Kota Bengkulu. Pilihan ortu saat itu adalah Pondok Pesantren Pancasila," cerita Egi.

Di tempat sekolahnya yang baru, Egi mendapat support dari Setya Anggoro dan mulai merintis karir sebagai atlet Lempar Lembing. Berawal dari ajang O2SN yang di ikuti Egi pada tahun 2015, cabang olahraga atletik, Egi berhasil memenangkan juara 1 sprint dan Juara 1 Lempar Lembing tingkat Kota Bengkulu. Karena belum puas, Egi akhirnya mengikuti Seleksi Nasional dan berhasil menjadi juara pertama. Kemudian Egi pun mendapatkan tawaran dari Pusat Pelatihan Atlet Pelajar. Tamat SMP di Pesantren Pancasila, Egi kemudian melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu SMAN Keberbakatan Olahraga Bengkulu. Di sinilah Egi memuncakkan prestasinya.

Awal mula prestasi Egik yaitu ketika dia mengikuti Kejurnas. Meski pun waktu itu dia sempat gagal, tapi Egi tidak berputus asa. Justru dia semakin gigih berlatih. Karena tekadnya yang kuat, akhirnya usaha tersebut tidak sia-sia, Egi berhasil meraih medali emas yang kedua kalinya dan berhasil mewakili Indonesia di Singapura. Di negeri Singa Putih itu, Egi gagal lagi bahkan sampai mengalami cidera. Justru pada kegagalannya yang kedua ini menambah engeri semangatnya untuk terus berlatih. Pulih dari cidera, Egi mengikuti seleksi untuk kejuaraan di Malaysia. Alhasil, Egi mendapatkan medali emas. Meskipun sudah berhasil meraih medali emas di Malaysia, ternya Egi belum puas. Karena target Egi adalah memecahkan rekor Asia Tenggara. Hingga akhirnya, pada tahun 2019, dia berhasil memecahkan rekor Asean School Games di Semarang.

Gemar Lempar Duren di Pohon, Egi Atlet Asal Rejang Lebong Pecahkan Rekor Internasional

Biodata 

Nama Lengkap : Egi Patli Pranata

Nama Panggilan : Egi

Tempat Tanggal Lahir  : Suka Datang, 16 Juni 2001

Alamat         : Desa Suka Datang 

Nama Orang Tua 

Ayah        : April

Ibu                : Eva Susanti

Riwayat Pendidikan :

1. SD : SD Negeri 06 Curup Utara

2. SMP : - SMP Negeri 04 Rejang Lebong

    - Pondok Pesantren Pancasila Bengkulu

3. SMA : Sekolah Keberkatan Olahraga (SKO) Bengkulu

4. Mahasiswa di Universitas Bengkulu Jurusan Penjaskes

Prestasi:

Tahun 2017

1. Jakarta, 21-24 April 2017 Perolehan Medali Emas

2. Kejuaran POPNAS Perolehan Medali Emas

3. Papua, 20-25 November 2017 Perolehan Medali Perunggu

Tahun 2018

1. Kejurnas, Jakarta 6-12 Mei 2018 Perolehan Medali Emas Dan Memecahkan Rekor Remaja.

2. Kejurnas PPLP, Gorontalo Perolehan Medali Emas

3. Asean School Games, Malaysia Tahun 2018 Perolehan Medali Emas

Tahun 2019 

1. Kejurnas PPLP, Bangka Belitung April 2019 Perolehan Medali Emas

2. Kejurnas Atletik Junior, Bogor 1-7 Agustus 2019 Perolehan Medali Emas Dan Memecahkan Rekor

3. Asean School, Semarang Juli 2019 Perolehan Medali Emas 

Penulis: Lukman Hakim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close