Cara Mudah Riset Pasar Hanya dengan Memanfaatkan Google Trends
KOPICURUP.ID - Riset pasar memegang peran penting ketika hendak memulai bisnis. Riset pasar tentunya harus didasarkan pada realitas lingkungan, sehingga dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda.
Di era digital ini, riset pasar dapat dilakukan dengan mudah dan metode yang sederhana, salah satunya melalui penggunaan Google Trends.
Berikut adalah langkah-langkah memanfaatkan Google Trends untuk penelitian pasar sebelum memulai bisnis pada tahun 2024.
Google Trends berfungsi sebagai alat untuk mengetahui trend populer saat ini dan topik yang paling dicari oleh pengguna internet. Data ini dapat menjadi dasar yang kuat untuk memulai bisnis Anda, Sahabat!
Berikut cara menggunakan Google Trends untuk riset pasar kopicurup.id kutip dari exabytes.id.
A. Buka Laman Google Trends di komputer atau smartphone anda
Langkah pertama, anda bisa membuka laman Google Trends melalui mesin pencari Google dan mengubah pengaturan negara di pojok kanan atas sesuai dengan negara Anda, misalnya Indonesia.
B. Cari Kata Kunci atau keyword untuk Riset
Selanjutnya, carilah kata kunci yang mencerminkan produk atau hal yang akan Anda teliti. Sebagai contoh, jika Anda berencana membuka bisnis pakaian dengan fokus pada celana jeans, ketikkan kata kunci tersebut pada kolom "Enter a search term or topic" dan klik tombol enter.
C. Analisis Grafik Google Trends
Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan seperti yang ditunjukkan di atas. Pada tahap ini, perhatikan kenaikan dan penurunan grafik dari kata kunci yang dicari, yaitu "celana jeans".
Dengan ini, Anda dapat memperkirakan apakah kata kunci tersebut memiliki potensi tinggi sebagai bisnis.
D. Analisis Minat Berdasarkan Daerah
Selain melihat grafik secara umum, Anda dapat melihat minat masyarakat terhadap kata kunci yang dicari, seperti "celana jeans".
Misalnya, Anda menemukan bahwa Nusa Tenggara Timur memiliki minat tertinggi terhadap kata kunci tersebut.
Informasi ini dapat membantu Anda memperluas pasar dan meningkatkan penjualan di daerah tersebut, serta memasang iklan yang dapat menjangkau daerah-daerah lebih jauh.
E. Bandingkan dengan Kata Kunci Lain
Anda dapat membandingkan kata kunci yang Anda cari sebelumnya dengan kata kunci lain yang sejenis menggunakan fitur perbandingan.
Ini membantu Anda melihat performa kata kunci yang Anda cari dibandingkan dengan kata kunci lainnya.
Misalnya, saat membandingkan "celana jeans" dengan "rok jeans", grafik menunjukkan bahwa "celana jeans" memiliki performa yang lebih baik.
Dengan ini, Anda dapat memilih kata kunci yang lebih potensial untuk dijadikan bisnis Anda.
Itulah beberapa langkah memanfaatkan Google Trends untuk melakukan penelitian pasar, khususnya sebelum memulai bisnis.***
BACA artikel menarik lainnya DI SINI