10 Prediksi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur Terbukti Jadi Kenyataan, Termasuk Prabowo Subianto Jadi Presiden di Masa Tua

10 Prediksi Abdurrahman Wahid atau Gusdur Terbukti Jadi Kenyataan, Termasuk Prabowo Subianto Jadi Presiden di Masa Tua

KOPICURUP.ID
- Presiden keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau yang dikenal dengan panggilan Gus Dur, memang dikenal sebagai sosok yang unik. 

Dia pernah mengucapkan beberapa prediksi di masa lalu yang ternyata menjadi kenyataan.

1. Joko Widodo Menjadi Presiden

Gus Dur pernah memprediksi bahwa Joko Widodo akan menjadi Presiden Republik Indonesia di masa depan. 

Prediksi tersebut terbukti benar pada tahun 2014, ketika Joko Widodo terpilih sebagai Presiden dalam Pemilihan Umum 2014 dan kembali terpilih pada Pemilihan Umum 2019.

BACA JUGA: Kesamaan Duet Prabowo-Gibran dengan Syamsul-Hendra pada Pilkada Rejang Lebong 2020, Apakah Bernasib Sama?  

Pada tahun 2006, Gus Dur pernah berujar, "Siapa pun yang disukai oleh rakyat, termasuk Jokowi ini, jika dia menjadi seorang walikota yang baik, bisa menjadi presiden," kata Gusdur saat itu.

Joko Widodo, awalnya seorang Wali Kota Solo, kemudian berhasil menjadi presiden selama dua periode. 

Pada periode pertama, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla, kemudian pada periode kedua berpasangan dengan Ma'ruf Amin.

2. Prediksi Sebelum Meninggal

Gus Dur pernah membuat prediksi tentang kepulangannya sendiri, bahwa ia akan diantarkan oleh banyak orang ke kampung halamannya di Tebuireng tepat tiga hari sebelum meninggal.

Prediksi ini terbukti benar ketika Gus Dur meninggal pada 30 Desember 2009 dan diantarkan oleh banyak orang ke Tebuireng.

"Saya mempercayakan bangsa ini kepadamu. Besok Kamis, saya akan kembali ke Tebuireng diiringi oleh banyak orang. Ayah saya sudah menantikan kehadiran saya," ucap Gus Dur kepada Pak Hardi.

3. Pak Soeharto Lengser

Gus Dur pernah menyatakan bahwa Soeharto akan turun dari jabatannya sebagai presiden pada tahun 1997. 

Dalam pernyataannya, Gus Dur mengatakan, "Tidak lama lagi, Pak Harto akan jatuh," ungkap Gus Dur.

BACA JUGA: Hati-hati! Jangan Sampai Jadi Korban Penipuan Mengatasnamakan Easycash, Ikuti Langkah Berikut Ini

Prediksi ini terbukti benar ketika Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 setelah mendapat tekanan dari mahasiswa dan masyarakat.

4. Sutarman Menjadi Kapolri

Gus Dur juga membuat prediksi bahwa Sutarman akan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

"Sutarman adalah seseorang yang sederhana dari desa, bukan berasal dari keluarga kaya. Namun, suatu saat nanti dia akan menjadi Kapolri," ujar Gus Dur kala itu.

Prediksi ini terbukti benar pada tahun 2013, ketika Sutarman dilantik sebagai Kapolri.

5. Gus Dur Prediksi Dirinya Menjadi Presiden

Gus Dur juga pernah memprediksi bahwa dirinya sendiri akan menjadi Presiden Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. 

BACA JUGA: Merk Susu Anak Terbaik untuk Pertumbuhan dan Kecerdasan 

Luhut menceritakan, Gus Dur sempat mengatakan bahwa dirinya (Luhut) tidak perlu menjadi duta besar karena Gus Dur akan segera menjadi presiden.

6. Lengsernya dari Presiden BJ Habibie

Gus Dur juga pernah memprediksi lengsernya Presiden BJ Habibie. Dalam sebuah acara televisi, Gus Dur ditanya siapa yang patut bertanggung jawab atas lengsernya beliau sebagai Presiden?

Gus Dur menjawab bahwa akan terbukti oleh bangsa ini sendiri, dan Amien Rais dan Megawati disebut sebagai dalangnya.

7. Ahok Jadi Gubernur

Gus Dur juga memprediksi bahwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menjadi seorang gubernur.

Ucapan ini dilontarkannya saat Pilkada di Bangka Belitung. Berdasarkan keterangan Ahok, saat itu Gus Dur bercanda bahwa Ahok tak hanya bisa menjadi gubernur tapi juga menjadi presiden.

Prediksi ini terbukti benar setelah Joko Widodo menjadi presiden dan Ahok kemudian menjadi Gubernur DKI Jakarta.

8. KH Said Aqil Jadi Ketua Umum PBNU

Gus Dur juga pernah meminta KH Said Aqil untuk menyiapkan roti dan air sebagai sarapan, dan meminta KH Said untuk membacakan buku 'Ihya Uhlumudin'. 

Ketika masuk pada paragraf kedua, Gus Dur tiba-tiba terlelap tidur. Tetapi setelah 5 menit terlelat, dia terbangun dan mengatakan bahwa KH Said Aqil akan terpilih sebagai Ketua Umum PBNU.

9. Brasil Menang 2-1

Gus Dur terkenal karena kegemarannya pada permainan sepak bola. Pada masa mudanya, dia bahkan menulis analisis tentang pertandingan sepak bola yang dipublikasikan dalam berbagai majalah. 

Menariknya, Gus Dur juga membuat prediksi tentang skor pertandingan Piala Dunia 1998 antara Brasil dan Skotlandia.

Gus Dur memprediksi hasil pertandingan Piala Dunia 1998 antara Brasil dan Skotlandia, dengan hasil akhir 2-1 untuk kemenangan Brasil. Prediksi ini terbukti benar.

10. Prabowo Jadi Presiden

Gus Dur juga pernah memprediksi bahwa Prabowo akan menjadi presiden di usia tua. Lagi-lagi prediksi Gus Dur kali ini terbukti benar. 

Pada Pemilu 2024 yang dilaksanakan Rabu, 14 Februari, pasangan Prabowo Subianto - Gibran berhasil menang telak dari lawannya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Prediksi tersebut pernah disampaikan oleh cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari, yaitu KH Irfan Yusuf Hakim atau yang akrab disapa Gus Irfan, saat bertemu dengan Prabowo di Pondok Pesantren Tebuireng.

"Saya mengutip ucapan Gus Dur, beliau pernah mengatakan bahwa Pak Prabowo akan menjadi presiden di usia tua," ungkap Gus Irfan pada Rabu, 4 Mei 2022.

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Said Aqil Siradj, mantan Ketua Umum PBNU yang merupakan salah satu orang dekat Gus Dur. 

Menurut Said Aqil, Gus Dur pernah memberikan prediksi atau ramalan mengenai Prabowo.

"Gus Dur pernah mengatakan kepada Prabowo 'bahwa Anda masih muda. Bersabarlah, nanti setelah memasuki masa tua, Anda akan menjadi pemimpin (presiden). Itulah yang dikatakan oleh Gus Dur," kata Said Aqil, menirukan ucapan Gus Dur kepada Prabowo, saat Prabowo melakukan silaturahmi di Pondok Pesantren Kempek, Cirebon.

Said Aqil juga mengakui bahwa Prabowo memiliki kedekatan dengan Gus Dur. Mereka berdua dikatakan telah berdialog sejak Gus Dur belum menjadi Presiden.

Itulah 10 prediksi Gus Dur yang terbukti benar. Namun, semua kehendak Allah SWT dan Gus Dur Insya Allah merupakan manusia pilihan yang diberi kelebihan oleh Allah SWT. Insya Allah beliau sudah berkumpul bersama-sama orang-orang yang soleh.***

 Baca juga artikel menarik lainnya di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close